Thursday, September 25, 2008

RamDisk Plus, Penyimpan data untuk percepat loading

Bagi Anda yang sering bermasalah dengan akses komputer yang cenderung lambat, bisa jadi penyimpanan data Anda sudah terlalu penuh. Nah, dalam hal ini tentunya Anda perlu menginstal software RamDisk Plus.

RamDisk dapat digunakan untuk membuat storage pada memori komputer. Sebuah komputer dengan memori besar atau bahkan sangat besar dapat memanfaatkan sebagian kapasitasnya memorinya menjadi drive seperti harddisk.

Software RamDisk sangat mudah digunakan, karena fitur software ini dapat langsung membuka bagian memori komputer untuk dijadikan storage seperti drive harddisk. Anda cukup memilih berapa besar memori yang akan dijadikan storage drive, dan software akan langsung membagi bagian akan dijadikan storage drive.

RamDisk memiliki 2 versi. RamDisk biasa tanpa Plus hanya dapat membuat drive sementara pada memori. Seperti kapasitas memori 4GB, maka RamDisk biasa dapat membagi sebagian kapasitas memory misalnya 2GB untuk dijadikan Ramdisk atau drive.

RamDisk biasa dimanfaatkan sebagai tempat sementara penyimpan data. Misalnya sebagai tempat membuang file temporary yang umumnya bersifat sementara. Setelah selesai mengunakan komputer, RamDisk akan melepas drive dari dalam memori. Ketika komputer dinyalakan maka drive akan langsung tersedia kembali tetapi dalam kondisi kosong.

RamDisk lebih baik digunakan untuk tempat membuang file seperti data sementara dari program dan bukan untuk penyimpan data permanen. Sehingga isi harddisk utama dapat tetap teratur dan tidak dipenuhi file sampah atau file sementara yang tidak berguna.

Keunggulan dari RamDisk Plus adalah sangat mudah digunakan. Anda dapat mengatur berapa kapasitas storage yang akan dipakai. Misalnya 1GB lalu merubah menjadi 2GB langsung dapat diatur oleh program. RamDisk Plus mapun RamDisk akan mengalokasi bagian yang dituju oleh penguna computer.

Software RamDisk dapat dimanfaatkan untuk tujuan khusus. Seperti mereka yang memerlukan storage bagi data sementara (temporary file) atau ingin mempercepat loading software dari harddisk untuk dipindahkan ke memori komputer secara permanen selama komputer hidup.

Dengan media penyimpan dari drive memori, kecepatan transfer untuk read dan write data akan jauh meninggalkan kecepatan storage harddisk biasa. Anda tidak memerlukan perangkat khusus karema hanya membutuhkan memori komputer yang sangat besar untuk dijadikan drive memory oleh RamDisk.

No comments: