Monday, October 05, 2009
Suzuki APV Vs Daihatsu Luxio, mana mobil keluarga Anda?
Pasar mobil generasi MPV (multi purpose vehicle) semakin ramai dengan dirilisnya Dihatsu Luxio yang didesain dan kelas setara Suzuki APV. Hal ini menunjukkan semakin bersaingnya posisi mobil pilihan keluarga tersebut. Pihak Suzuki telah lebih dulu mengeluarkan APV sebagai ujung tombak MPV yang kemudian banyak diikuti perusahaan lainnya.
Bahkan menurut catatan, APV merupakan mobil keluarga dengan dukungan mesin empat silinder dengan kapasitas 1500 cc dengan angka penjualan yang tinggi. Kini semakin banyak permintaan pasar mencari mobil MPV. Konsep mobil seperti ini memang memenuhi banyak keinginan konsumen terutama karena bisa dipakai keluarga untuk bepergian dengan banyak orang.
Dibanding dengan kompetitor lain sekelas MPV, Susuki APV memang dikenal paling irit bahan bakar. “APV menggunakan bensin premium yang didukung radius putar yang kecil,” terang marketing Suport Suzuki Sumber Baru Mobil, Bambang Mardiyanto.
Bicara kapasitas ruang, kendaraan ini dirancang dengan kapasitas 8 penumpang. Kondisi mobil yang agak tinggi cukup menguntungkan saat musim hujan tiba. Terlebih, lanjut Bambang, adanya air intrage yang tinggi dengan ukuran 101 cm maka jarak denga tanah cukup jauh. Selebihnya, ada spiral pada bagian shock breker bagian belakang dan ini yang mendukung kestabilan saat dinaiki orang banyak.
Jarak 101 cm ke tanah termasuk yang paling tinggi di kelasnya yang umumnya hanya 60-70 cm. Untuk kebutuhan AC, dikendalikan oleh penggunaan Ecu yang menjadikan mesin jadi lebih efisien. Sementara jok captain seat system slidingnya menambah kenyamanan bagi penumpangnya.
Desain dasbor cukup mewah terlebih bernuansa beige di sekujur dasbornya. Ditambah lagi metal ornamen dan head unit 2 DIN. Ada dua pilihan pelek, 15 dan 17 inci. Tapi yang 17 inci hanya bisa dimiliki pada tipe tertinggi APV(versi 2). Tombol pengoperasian rectractable electric mirror ada di arm rest pengemudi.
Sementara itu, Daihatsu Luxio selama ini dikenal untuk kalangan menengah ke atas karena didukung oleh tampilan yang wah. Harga yang ditawarkan lebih murah namun secara fisik cukup bersaing dengan APV. Yang berbeda, bagian joknya lebih tipis sedangkan mesin yang dibenamkan hampir sama dengan jenis MPV lainnya.
Mobil dengan moncong yang agak menonjol ini juga diposisikan jadi kendaraan keluarga yang disetting mewah. Berbagai macam fitur baru disematkan ke dalam Daihatsu Luxio untuk kenyamanan pengendara sekaligus penumpangnya.
Luxio cukup menarik pada urusan tampilan. Panel depan termasuk bonnet didesain ulang agar terlihat membulat. Bagian belakangnya nampak lebih sexy karena stop lamp yang tampilannya cenderung melebar sampai pintu belakang layaknya Toyota Alphard. Dengan didukung kabin yang luas menjadi keuntungan tersendiri bagi penumpangnya.
Isinya pun lebih mewah, dilengkapi dengan head rest dan safe belt disemua seat. AC double blower juga sudah ada. Namun sayangnya penampilan panel indikator di speedometer sangat sederhana dan terlihat kurang elegan. Di sektor dapur pacu, Luxio tidak menyediakan banyak pilihan. Selain itu handling tentunya akan lebih aman dengan perangkat antilock brake system (ABS). Sayangnya perangkat ini adalah optional yang bisa dibeli terpisah.
Spesifikasi
APV : Rp 130 Juta
Jumlah silinder : I-4
jumlah katup :16 katup
Diameter x langkah (mm): 75x84,5
Kapasitas(cc): 1.493
Tenaga maksimum(tk/rpm): 67/6.000
Torsi maksimum(Nm/rpm): 122/3.000
Transmisi: M/T CVT 5kecepatan
Suspensi Depan: McPherson strut, coil spring
Suspensi Belakang: Rigid axle, leaf spring
Rem : cakram berventilasi dan tromol
Jarak sumbu roda(mm): 2.625
Jarak pijak dpn/blk(mm): 1.430/1.425
Kapasitas tangki(lt): 43
Ban : 195/65R15
LUXIO
Harga : 138 juta
Jarak sumbu roda : 2.650 mm
Jarak pijak roda depan : 1.440 mm
Jarak pijak roda belakang : 1.420 mm
Radius putar : 5,2 m
Tipe Mesin: 3SZ-VE DOHC, VVT-i, 4 langkah, 4 silinder segaris
Kapasitas : 1.495 cc
Diameter x langkah : 72.0 x 91,8mm
Tenaga maks : 97 @6.000 PS/rpm
Torsi maks : 13,7 @4.400 kgm/rpm
Sistem pasokan bbm : Injeksi elektronik
Kapasitas tangki : 43 liter
Transmisi Manual : 5 kecepatan
Transmisi Otomatik : 4 kecepatan
Setir : Rek & pinion & power steetirng
Rem : Cakram berventilasi dan tromol
Suspensi Depan : McPherson strut & per koil
Suspensi Belakang : 5 link, rigid dan per koil
Ban : 195/65-R15
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment