Friday, November 19, 2010

Cat mobil perlu diproteksi

Proses finishing (Onestop-Tech)
Kesal dengan kondisi mobil Anda yang tampilannya tak menarik lagi karena warna catnya sudah kusam? Mungkin selama ini anda telah melewatkan satu hal yang cukup penting yaitu memproteksi cat body Anda.

Rajin mencuci mobil atau rutin ke salon mobil tak menjamin kendaraan anda tetap kinclong setiap saat. Saat Anda mencuci kendaraan, kemungkinan besar hanya membersihkan saja, sedangkan untuk perlindungan cat kendaraan sama sekali tidak tersentuh.

Binta Nursakti, Manajer bengkel Flash Paint Protection & Car Salon Jl Sardjito No 18 Jogja mengatakan keberadaan pelindung cat cukup penting bagi mobil. Fungsinya adalah agar warna cat tidak cepat pudar dan kusam akibat terkena sinar matahari.

“Dengan memproteksi cat body, maka mobil akan terhindar dari efek sarang laba-laba (goresan halus) dan cat mobil tetap terlihat mengkilap,” kepada Onestop-Tech saat ditemui di bengkel kerjanya, Jumat (19/11).

Menurut dia, untuk mobil baru memang kerusakan pada permukaan cat tidak langsung terlihat. Namun jika kondisi seperti itu dibiarkan secara terus-menerus, maka lama kelamaan akan muncul berbagai permasalahan yang sangat mempengaruhi tampilan mobil.

Di bengkel Flash, ada enam tahapan yang biasa digunakan untuk memproteksi cat body mobil pelanggannya. Tiga tahapan yang pertama dilakukan dengan menggunakan mesin poles, sedangkan sisanya dilakukan secara manual.

Tahapan yang pertama adalah compounding yakni meratakan permukaan cat. Ini sekaligus berfungsi untuk mempermudah penempelan zat proteksi. Treatment selanjutnya adalah tahap glashing yakni menghilangkan efek sarang laba-laba pada cat mobil. Tahapan itu akan disusul kemudian dengan policying atau mengkilapkan cat.

Tahapan yang ke empat dan ke lima adalah proses waxing yakni detail dan paste. Pada tahapan ini akan dilakukan penempelan cairan kental seperti susu dan zat padat. Kedua elemen tersebutlah yang menimbulkan efek basah pada permukaan cat mobil.

“Sedangkan tahapan yang terakhir adalah finishing. Akan langsung terlihat perbedaan mobil yang mendapatkan treatmen proteksi cat dengan yang tidak,” ungkap dia.

Menurut Binta, treatment penuh untuk satu kendaraan paling tidak membutuhkan waktu 4-5 jam. Dengan menggunakan teknisi sebanyak 6 orang, dalam sehari bengkel ini mampu melayani tiga pelanggan.

Proteksi cat body membutuhkan biaya Rp750.000-Rp975.000. Tarif treatment dikelompokkan atas tiga jenis yakni city car, sedan, minibus dan big size. Bengkel ini juga memberikan garansi tiga tahun kepada pelanggan dengan syarat harus melakukan check up tiga bulan sekali.

Binta menggaransi, jika telah memproteksi cat body maka pelanggannya tidak perlu lagi sering-sering melakukan perawatan ke salon mobil. Antara mobil yang telah diproteksi dengan yang belum tampak cukup mencolok.

"Jika pakai pelindung, tampilan cat tampak selalu basah terutama untuk cat mobil yang berwarna gelapa. Selain itu permukaannya menjadi licin dan halus," ujar dia

Menurut dia, belakangan ini pemilik kendaraan di Jogja telah memiliki kesadaran yang tinggi soal proteksi cat. Bengkel yang telah beroperasi sejak 2007 ini dalam sebulannya paling tidak bisa menggaet 40 pelanggan.

No comments: