Friday, October 03, 2008

New Grand Vitara, Performa responsif

Bila dihitung dari awal diperkenalkannya, usia Vitara kini memasuki dekade yang ketiga. Dalam kaitan itu, Suzuki lantas melakukan revisi pada penampilan Grand Vitara. Mesin 2.0 liter yang digunakan sebelumnya, termasuk yang mendapatkan sentuhan ulang.

Hasilnya, disamping volume silinder meningkat menjadi 2.4 liter, suara mesin ini juga diklaim lebih halus berkat aplikasi balancer shaft. Saat ini, sejak diproduksi pertama kali tahun 1988, jumlah Vitara yang terjual ke seluruh dunia mencapai 161,700 unit.

New Grand Vitara, memang mengusung sejumlah pembaruan. Sebut saja, dari segi sistem keselamatan yang kini mengaplikasi peranti Electronic Stability Programme (ESP®) sebagai standar. Dan seperti sebelumnya, Suzuki kembali menawarkan Grand Vitara dalam dua versi pilihan model. Masing-masing model lima pintu dan tiga pintu.

Perubahan pada sisi eksterior, antara lain terlihat pada aplikasi velg alloy ukuran 17 inch untuk model 3 pintu. Sedangkan yang model 5 pintu, digunakan velg alloy ukutan 18 inch. Lampu depannya sendiri, mengadopsi teknologi HID atau High Intensity Discharge (HID). Di bagian atap, terpasang glass sun-roof yang dioperasikan secara elektrik.

Suzuki merupakan pabrikan pertama yang mengkreasi compact SUV dengan kemampuan sebagai off-roader sejati. Tapi di jalan raya, produk Vitara juga menawarkan performa yang responsif serta fun-to-drive. Sejak itu, fokus perhatian Suzuki terhadap Vitara lebih kepada penonjolan aspek stylish sebagai jawaban atas kebutuhan konsumen terhadap kendaraan yang good-looking.

Dengan kehadiran flagship Grand Vitara bermesin 2.4 liter ini, Suzuki tampaknya mulai melakukan konsolidasi sekaligus lebih memperbaiki kualitasnya. Hal ini diwujudkan melalui upaya peningkatan performa mesin, spesifikasi kelengkapannya serta aspek keamanan dan keselamatan. Namun, semua upaya itu tanpa harus mengorbankan unsur styling. Hasilnya, compact SUV ini sekarang menawarkan banyak kelebihan yang tak dimiliki sebelumnya. Sebut saja mesin yang lebih bertenaga, tampilan lebih gaya dan lebih nyaman dikendarai.

Mesin baru Grand Vitara berkapasitas 2.4 liter ini, diklaim menghasilkan tenaga 166 hp dengan emisi gas buang CO2 hanya 208 gram/km. Meskipun kapasitasnya lebih besar, tapi dimensi mesinnya tak berbeda jauh dengan mesin sebelumnya. Para teknisi Suzuki, mengaplikasi beberapa teknologi untuk mendukung performa mesin. Antara lain balancer shaft untuk mereduksi getaran dan kebisingan, variable air intake tiga tingkat serta pengontrol katup pada lubang intake untuk menghasilkan percampuran udara dengan bahan bakar yang sempurna.

Suzuki juga melengkapi New Grand Vitara ini dengan ESP® sebagai peranti standar yang bekerja memberi tekanan pengereman secara berbeda pada setiap roda sesuai kebutuhan. Teknologi ini, berguna mengeliminir gejala understeer atau oversteer. Rem belakangnya juga didesain ulang dengan mengaplikasi ren cakram ventilasi.

Pada sekeliling bagian bonnet serta bumper, digunakan elemen extra shock-absorbing untuk mereduksi dampak benturan yang bisa mengakibatkan cedera pada pejalan kaki. Ini yang kemudian menjadikan Grand Vitara tampil meraih rating tiga bintang dalam crash test yang dilakukan Euro NCAP.

No comments: