Tuesday, September 23, 2008

Canon Dc310, Cara kerjanya sederhana

Para penggila camcorder pemula biasanya tidak ingin direpotkan oleh navigasi gadget mereka yang rumit. Bagi mereka, fitur-fitur yang ada sebiknya mudah dioperasikan sehingga mereka dengan gampang bisa berkonsentrasi untuk mengambil gambar tanpa harus direpotkan dengan tetek bengek navigasi yang rumit.

Nah berbicara soal kemudahan dan kesederhanaan, ada baiknya jika Anda melihat produk yang satu ini, Canon Dc310. Desainnya yang khas memang dikhususkan bagi mereka yang suka akan kesederhaan. Lihat saja fisiknya yang nyaris bersih dari tombol. Cara menggunakannya mudah, tidak perlu buka-buka buku manual.

Jangan lupa masukkan mini DVD yang sesuai ke slot di sisi kanan. Untuk membuka slot tersebut, geser slider berlabelkan Disc Cover pada bagian belakang unit ke arah Open dan tunggu sampai pintunya membuka. Baringkan camcorder di sisi kiri, lalu angkat pintu mini DVD, dan masukkan keping tersebut. Tekan dengan mantap, dan tutup pintu mini DVD. Tunggu sampai DVD siap dipakai. Nah siap sudah!

Karena ditujukan untuk awam, tersedia moda Easy. Pada moda ini, semua pengaturan sudah dilakukan camcorder sehingga Anda tinggal terima beres. Untuk mulai merekam, tinggal tekan tombol pipih putih di bagian belakang untuk mulai/berhenti merekam. Jika ingin subjek tampak lebih dekat, tarik tuas zoom di atas unit ke arah kanan, dan ke arah kiri untuk membuatnya tampak normal lagi.

Namun jika ingin bereksperimen, pindahkan slider ke arah P. Pada moda P ini, Anda bisa mengatur antara lain white balance, kecepatan zoom, atau apakah kita ingin memanfaatkan setting untuk suasana tertentu, seperti malam hari, spotlight, sunset, snow, atau kembang api.

Di antara pengaturan, ada satu yang menarik yakni LCD Light On. Fasilitas ini mengubah layar LCD menjadi sumber cahaya di ruang yang gelap. Cara mengaktifkannya mudah, tinggal tekan Set, lalu putar LCD yang kini seluruh panelnya berwarna putih, dan gunakan viewfinder untuk mengintip subjek .

Dengan segala kemudahan dan kesederhanaannya, khususnya moda Easy, Canon DC310 ini sangat cocok bagi pengguna pemula. Yang mengesankan di sini adalah Zoom Advanced 41X, yang sayang goyangannya kurang bisa diimbangi oleh fasilitas Image Stabilizer yang tersedia.

Selain untuk merekam video, camcorder ini dapat difungsikan sebagai kamera digital. Untuk mengubahnya menjadi kamera digital, geser switch di bagian atas unit ke arah depan, atau ke gambar kamera. Moda pengoperasian DC310 sebagai kamera digital sama dengan saat berfungsi sebagai camcorder, yani moda Easy dan P. Pada moda Easy, tidak ada yang bisa dipilih kecuali kualitas image (L - 1024x768 dan S - 640x480) dan LCD Light On. Canon DC310 ini dijual dengan harga sekitar Rp3.600.000

No comments: