Wednesday, September 24, 2008

Tips memilih velg bekas

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki yang ada pada kendaraan, keberadaannya akan membuat kendaraan semakin ciamik ketika dibalut dengan ban. Ada beberapa alasan orang mengganti velg Bisa karena rusak, penyok, atau lecet.

Alasan lainnya yaitu dengan semakin banyaknya model velg bernuansa racing yang ditawarkan mulai dari yang harga termurah sampai yang selangit. Kemungkinan juga orang akan mengganti velg dengan cara membeli di outlet-outlet khusus dalam kondisi baru atau memburunya di pasaran velg bekas.

Jika dana yang tersedia pas-pasan, jalan keluarnya terpaksa memburunya di pasaran velg bekas. Di samping harganya lebih murah, kondisinya pun harus bisa diandalkan. Walaupun pada kondisi bekas pakai, velg itu harus mampu mengubah gaya dan penampilan kendaraan. Berikut tips memilih velg bekas

Cermati ukuran dan model

Hal pertama yang harus dicermati adalah ukuran dan model, apakah velg yang dipilih tersebut nantinya bisa diaplikasikan pada kendaraan anda atau tidak. Jika cocok dan pas ukuran maupun modelnya, perhatikan pula kondisi dari velg tersebut, apakah ada benjolan atau penyok pada bagian tepinya bahkan retak.

Periksa keganjilan

Yang kedua perhatikan pula jumlah velg itu sendiri. Biasanya di pasar velg bekas ada saja keganjilannya. Misalnya, hanya ada satu buah saja ditawarkan atau ada juga yang menyediakan secara lengkap sebanyak 5 buah. Ada juga beberapa yang sudah rusak akibat pemakaian. Kalau untuk mengantikan salah satu velg yang rusak dengan model yang sama, tidak jadi masalah. Celakanya jika ingin mengantikan semua pelek yang ada dengan model yang baru tapi tidak lengkap.

Gunakan mesin balancing

Bila terlihat ada permukaan pada bagian tepinya yang tidak rata seperti benjolan, retak, dan jumlahnya tidak komplet, sebaiknya lakukan perburuan lagi. Untuk lebih menyakinkan lagi, dapat pula menggunakan mesin balancing guna mengetahui benjolan yang sulit diperiksa dengan mata.

Dana tambahan

Tapi, jika tidak ada pilihan lain dan terlanjur jatuh hati pada modelnya, risikonya kenyamanan akan berkurang, tidak stabil dan terasa bergetar saat kendaraan dikemudikan. Untuk mengatasinya, diperlukan lagi dana tambahan untuk memperbaikinya agar kestabilannya dapat dirasakan dan memberikan rasa aman dan nyaman begitu digunakan.

Bawa ke bengkel khusus

Hal itu bisa diakali dengan cara membawanya ke bengkel khusus pelek dan ban. Di bengkel tersebut pelek yang penyok akan dipres dan direkondisikan lagi keberadaanya. Semakin besar dimensi velg, semakin tinggi pula ongkos yang dikeluarkan. Untuk itu, sebaiknya teliti sebelum merugi di kemudian hari

No comments: