Monday, October 06, 2008

Canon CP-100, Mencetak foto langsung dari kamera

Mengingat kekuatannya yang cukup dominan baik di pasar printer maupun kamera digital, tidak terlalu mengejutkan kiranya jika Canon kemudian mengkombinasikan keduanya. Belakangan ini pabrikan tersebut memang benar-benar mewujudkannya dengan mengembangkan teknologi konektivitas langsung antara kamera digital dengan printer.

Pendekatan seperti ini dilakukan untuk menghindari tumpang-tindih software program. Canon memang lebih banyak bermain dalam arena printer Inkjet tapi mereka juga memiliki beberapa unit printer yang didasarkan pada teknologi dye-sublimation. Keunggulan model yang satu ini adalah bentuknya yang kompak dan sangat sesuai dengan keperluan yang mendadak.

Salah satu fakta yang cukup disayangkan tentang fotografi digital adalah orang akan lebih sering mengambil foto dibanding dengan mencetaknya. Nah, dengan adannya teknologi baru tersebut, Canon berharap foto-foto yang sudah diambil akan bisa langsung dicetak oleh pengguna.

Produk terbaru Canon ini merupakan sebuah unit yang mampu mengolah 36 cetakan 4x6 yang dibutuhkan. Itu artinya produk ini menjadi salah salah satu printer berteknologi dye-sublimation terkecil di pasaran. CP-100 mengakomodasi ruang yang lebih luas untuk ukuran kertas dengan area cetakan masimal yakni 5,8 X 3,9 inci untuk ukuran cetak kartu pos.

CP-100 ini bisa dihubungkan secara langsung dengan kamera digital Canon, sehingga memungkinkan Anda untuk mengontrol printer dai kamera itu sendiri. Sekali kamera terhubungkan, kaset kertas dan kemasan tinta akan memuat, sehingga Anda bisa mencetak baik melalui akses menu DPOF print settings atau dengan mencetak foto pada waktu yang bersamaan secara langsung dari playback mode kamera.

Anda bisa mencetak foto secara individual atau juga banyak cetakan dalam bentuk yang lebih kecil, atau juga dalam bentuk cetak indeks yang menunjukkan semua foto yang ada dalam kamera Anda. Anda bisa memilih cetakan yang memiliki batas atau tidak, atau juga apakah Anda juga ingin menyertakan tanggal dan waktu pengambilan foto. Cara melakukan pengaturan cukup mudah, hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyiapkan printer dan Anda bisa langsung melakukan pencetakan.

No comments: