Monday, October 06, 2008

HDR-CX12, Video dan foto bersensitifitas tinggi

Teknologi camcorder semakin mengalami kemajuan di berbagai aspek. Selain kualitas gambar yang semakin mirip dengan kondisi asli, teknologi camcorder juga semakin berkembang dengan adanya fitur tambahan. Pabrikan Sony mislanya mengeluarkan produk HDR-CX12 yang dilengkapi dengan fitur Smile Shutter dan Face Detection.

Berdasarkan teknologi encoding AVCHD, HDR-CX12 dapat menghasilkan hasil rekaman 1920 x 1080i Full HD yang memukau dan foto berkualitas 10.2 megapixel. Sebagai tambahan, HDR-CX12 memiliki sensor ClearVidTM CMOS dengan teknologi yang diadaptasi dari ExmorTM. Hasilnya jika digabungkan dengan mesin olah gambar BIONZTM adalah hasil video dan hasil photo dengan sensitifitas tinggi dan rendah noise.

Sebagai camcorder pertama di dunia dengan teknologi Smile Shutter, HDR-CX12 dapat mendeteksi senyuman pada saat merekam suatu adegan video dan secara otomatis akan mengambil foto dari adegan tersebut. Pengaturan sensitifitas senyuman dan prioritas senyuman memungkinkan penggunanya untuk mengatur tingkatan pendeteksian senyuman dan fokus pada subyek.

Camcorder ini juga memiliki Optical SteadyShot yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil video yang bebas tanpa harus mengurangi kualitas gambar. Selain itu, mesin olah gambar BIONZ mendukung teknologi Face Detection yang secara otomatis akan mengoptimalkan fokus, exposure, dan warna kulit pada saat pengambilan gambar diam dan gambar bergerak.

Smooth Slow Recording yang dapat merekam hingga 240 fps (fields per second) sehingga memungkinkan penggunanya untuk merekam video berdurasi tiga detik sebagai sebuah video bergerak lambat sepanjang 12 detik yang halus. sementara melalui fungsi Dual Recording, pengguna bisa mengambil foto berkualitas 7.6 megapixel pada saat sedang merekam video HD.

“Sebagai pimpinan di bidang camcorder High Definition, Sony terus berupaya untuk mengembangkan dan memperbanyak jajaran Handycam dengan tujuan untuk memberikan teknologi imaging yang sesuai dengan keinginan konsumen,” ucap Mr. Kazuo Sawachi, General Manager, Marketing Division Head, PT Sony Indonesia.

Agar hasil gambar yang jernih selaras dengan hasil kualitas audionya, zoom microphone yang terdapat pada camcorder ini menawarkan suara surround yang dapat mengimbangi hasil resolusi gambarnya yang tinggi. Berkat dukungan 5.1 channel Dolby Digital surround sound, zoom microphone memfokuskan pengambilan suara dengan meningkatkan volume suara pada saat penggunanya merekam dan sedang zoom ke obyek pengambilan gambarnya.

Seperti pada pendahulunya, Handycam ini dibuat dengan memikirkan kemudahan pengambilan video dan pemutaran kembali. Dengan fitur BRAVIA Sync, video dan foto dari Handycam dapat dilihat langsung pada TV LCD BRAVIA yang kompatibel cukup dengan menyambungkan kedua alat menggunakan kabel HDMI dan remote control BRAVIA.

Konsumen juga akan dapat melihat gambar-gambar photo yang sangat terperinci, lebih ekspresif, dengan warna dan tekstur lembut berkat adanya fungsi Photo TV HD. Fungsi ini dapat digunakan hanya dengan menyambungkan Handycam dengan TV LCD BRAVIA yang kompatibel menggunakan kabel HDMI[1] atau kabel komponen audio video. Agar dapat menyimpan data dengan mudah dan cepat, Handycam dirancang dengan fungsi Easy PC Back-up agar penggunanya dapat dengan mudah menyimpan back up data dari Memory Stick™ ke notebook atau PC[2].

Fitur One Touch Disk Burn memungkinkan video dan photo dari Handycam untuk di duplikasikan ke cakram AVCHD dan DVD hanya dengan sekali tekan tombol pada Handycam Station yang tersedia bersama paket penjualan. Sebagai tambahan, fungsi ini juga akan memastikan hanya materi baru saja yang bisa di transfer ke DVD dengan tidak menyertakan data yang sudah pernah di transfer sebelumnya.Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp9 juta.

No comments: