Thursday, October 02, 2008

Pertimbangan sebelum membeli mobil

Memiliki mobil baru merupakan dambaan setiap orang. Jika Anda ingin membelil mobil baru, sebaiknya bekali dulu diri Anda dengan pengetahuan atau informasi yang cukup tentang mobil yang bakal Anda beli. Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih mobil idaman.

Sesuaikan kebutuhan

Sebaiknya putuskan dulu apa yang diinginkan dari sebuah mobil, apakah harga, model, fitur-fitur yang disajikan dari mobil yang diinginkan, serta kemampuan mesinnya. Kebanyakan dealer ingin agar Anda segera membeli mobil yang mereka pajang atau tawarkan, walaupun itu bukan mobil yang Anda idamkan. Ada baiknya Anda memiliki dua atau tiga pilihan model sehingga punya kesempatan untuk melakukan perbandingan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Gali informasi

Informasinya bisa anda dapat dari media massa, seperti surat kabar, majalah atau bahkan brosur. Bila perlu manfaatkan media internet untuk mencari tahu tentang mobil itu. Cek lebih dulu daftar harga di beberapa dealer, sebab antara harga yang ditawarkan diler yang satu dengan lain kerap berbeda, meski perbedaanya tidak terlalu mencolok. Ada juga dealer yang melakukan program seperti promo diskon atau memberikan kemudahan kepada pelannggannya. Jika bertepatan kunjungi pula pameran mobil, sebab di saat evet ini digelar, akan banyak pilihan model baru, dengan harga promosi dan hadiah menarik di setiap pembelian.

Sales bukan kawan Anda

Perlu diingat bahwa sales itu tugasnya menjual dan menghasilkan uang, mereka bukan kawan Anda. Meskipun penjual itu adalah orang yang Anda kenal, mereka tetap saja mengharapkan keuntungan dari penjualan. Anda sebaiknya menimbang kondisi keuangan yang Anda miliki, karena kebanyakan tenaga penjual itu tidak akan memikirkan kondisi keuangan Anda.

Pilih leasing terpercaya

Jika Anda ingin memiliki mobil dengan cara kredit atau via jasa leasing, sebaiknya pilih perusahaan leasing atau bank yang terpercaya. Setelah memilih perusahaan leasing, pastikan apakah akan mendapatkan persetujuan awal oleh bank atau perusahaan leasing yang dipilih. Dengan adanya persetujuan awal dari lembaga keuangan itu, Anda bisa menyesuaikan harga mobil dan isi kantong untuk masa tenor kredit dan pembayaran bulanannya.

Pertimbangkan biaya perawatan

Jika sudah menjadi suatu keputusan, mengenai model pilihan, pertimbangkan juga biaya perawatan mobil itu. Termasuk kemudahan dan harga sukucadangnya. Ada jenis mobil yang harganya murah, tapi biaya perawatan beberapa tahun pemakaian justrulebih tinggi dibandingkan mobil yang berharga lebih mahal. Jangan lupa, pertimbangkan pula jaringan purna jualnya.

Pertimbangkan plus-minus

Cara terbaik ketika mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan mobil yang menjadi pilihan. Pulanglah ke rumah terlebih dulu setelah berkunjung ke show room dan pertimbangkan sekurangnya 24 jam sebelum deal untuk memboyong mobil idaman ke garasi rumah. Sesuai kebutuhan, pikirkan plus minusnya sebuah mobil yang Anda taksir. Jika banyak plusnya, tidak ada salahnya Anda beli. Namun bila minusnya lebih banyak, Anda patut mempertimbangkan kembali secara masak-masak, sebelum kedodoran lebih jauh.

No comments: