Friday, October 23, 2009

Honda vario CBS Techno, Lebih sporty

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan varian skutik terbaru, Vario CBS Techno (VCT). Skutik Vario Techno merupakan andalan terbaru Honda untuk memperkuat line-up Honda bersaing dengan kompetitor utamanya, yaitu Yamaha, yang mengandalkan Mio. Di segmen ini, Mio telah menjadi generik untuk skuter otomatik di Indonesia. Sebenarnya, ada beberapa fitur dan juga teknologi anyar yang ditawaran produk ini dibanding dari keluaran sebelumnya, Vario. “Teknologi baru yang diterapkan merupakan yang pertama di Indonesia,” terang H. Fredy Kurniawan, Brand Manager Cahaya Sakti Motor, Jogja. Dari tipe ini, diklaim sebagai teknologi terapan terbaru da satu-satunya di Indonesia adalah combi brake system atau CBS. Dengan menerapkan CBS ini, kata Fredy, maka pengendara bisa lebih nyaman saat mengerem. Dengan CBS, sekali rem bisa langsung berlaku untuk rem belakang dan depan. CBS diaplikasikan di handle rem kiri dengan distribusi pengeremannya 100% untuk roda belakang dan 70% untuk roda depan. Meski sistem pengamanan berkendara sudah memakai yang paling anyar, namun soal perawatannya tidak bikin pusing. Kalau hanya ganti kampas rem pAda perangkat CBS tak perlu disetel ulang. Fasilitas Terdapat Auto Secure Key Shutter yang pada generasi vario sebelumnya fitur ini disebut Secure Key Shutter. Cara mengaktifkan fungsi ini sebelumnya dilakukan secara manual yakni melepas kunci kontak dan memutar penutup magnet kunci secara manual. Namun pada VCT ini, tinggal posisikan kunci maka secara otomatis lubang kunci pada lock kunci secara otomatis akan menutup. Ditambah lagi dalam sistem ini dilengkapi ilumi (fosfor) yang membuat pengendara dengan mudah memasukkan kunci dalam keadaan gelap. Untuk fungsi yang dibenamkan, VCT menyediakan rak serba guna dengan letak di bawah stang kemudi. Bisa dipakai untuk menaruh berbagai barang yang sekiranya cukup dimasukkan kedalamya. Baik VCT maupun Vario terdahulu, sama-sama memakai Dual Keen-Eyes Head Light pada sistem penerangan depan. Namun pada VCT, desain headlamp dan covernya dibuat baru. Untuk sein, letaknya ditempakan di atas sudut headlamp Penampilan Vario Techno cukup menarik dan lebih dinamis dibandingkan dengan saudara dekatnya, Vario Absolut Matic. Urusan harganya memang terlampau mahal Rp 15.5juta. Untuk mesin, tidak ada perubahan atau perbedaannya dengan Vario Absolut. Bahkan dimensi pun tidak berbeda jauh (lihat tabel spesifikasi). Namun, yang pasti, dari depan, perubahan yang cukup mencolok adalah tameng atau tudung depan plus lampu besar, penempatan lampu sein dan tameng samping depan. Seperti sebelumnya, Vario Techno juga menggunakan dua lampu depan. Namun, modelnya berbeda. Lampu Techno lebih sipit. Honda menyebutnya dengan “dual keen-eyes headlight”. Lampu sein berada di atas lampu besar. Di atas lampu besar dibentuk tameng dengan bentuk mirip dengan paruh buruh. Desain tameng samping depan juga berbeda. Lampu belakang menyatu dengan bodi, desain tajam seperti ekor itik untuk memberi kesan sporty. Lampu menggunakan tutup transparan sehingga bola lampu di dalamnya kelihatan. Spesifikasi Harga :Rp 15.500.000 Tipe : SOHC, 4-langkah, berpendingin cairan (air) Diameter : 50 x 55 (mm) Volume silinder : 108 cc Perbandingan kompresi :10,7 : 1 Tenaga maks :8.99 PS @8.000 rpm Torsi maks :0,86 kgf-m @6.500 rpm Kopling :sentrifugal Kapasitas tangki :3,6 liter Body (mm) :1.904 x 680 x 1.090 Jarak sumbu roda: 1.273 mm Jarak terendah : 133 mm Berat kosong : 101 kg Suspensi : Teleskopik dan Lengan ayun, peredam kejut tunggal Rem : Cakram, hidraulis dan Teromol Ban : Depan 80/90-14M/C40P, Belakang 90/90-14MC/C46P.(Pamuji Tri Nastiti/Harian Jogja)

No comments: