Saturday, September 27, 2008

iRiver Lplayer, Kualitas suara memuaskan

Memilih produk MP3 player dengan desain dan fitur yang tak mengecewakan memang tak mudah. Dengan makin banyaknya produk MP3 Player berharga murah, kualitas kadang dikesampingkan. Salah satu produk MP3 Player yang layak masuk perhitungan adalah produk iRiver ini.

Desainnya terbilang sangat sederhana. Bagian depan malah hanya dipenuhi oleh layarnya yang berukuran 2 inci. iRiver bahkan tak mencantumkan tulisan apa pun di bagian depan, termasuk nama produknya. Semua tombol dan port diletakkan di sisi kiri, kanan, dan atas.

Sebagian besar kendali sebenarnya diletakkan pada layarnya. Keempat sisi layar ini dapat berfungsi sebagai tombol kendali yang context-sensitive. Artinya dalam mode yang berbeda, menu ini juga berfungsi lain. Meski awalnya agak membingungkan, namun sebenarnya sistem ini cukup mudah dikenali.

Layar yang mampu menampilkan resolusi hingga 320 x 240 pixel terlihat cukup cemerlang. Mengingat ukurannya yang hanya 2 inci, tampilan layar ini tergolong nyaman untuk ditonton. Dan yang lebih terpenting adalah dukungan file dari MP3 player ini.

Player ini mampu menjalankan berbagai file media termasuk MP3, WMA, ASF, FLAC, OGG, MPEG, WMV9, dan XVID. Anda juga akan bisa merekam suara dan radio FM dengannya. Baterai Lplayer mampu bertahan sampai empat jam untuk pemutaran video dan 12 jam untuk pemutaran musik.

Pengguna juga dapat mengambil gambar dari komputer dalam format JPEG, BMP, PNG, dan GIF, juga video playback dalam format MPEG-4, WMV9, and XVI. Ada juga FM Tuner untuk pengaturan musik, voice recording, dan browser menggunakan MTP/UMS dengan menggunakan koneksi ke sistem operasi Windows atau Mac.

Kualitas suara yang dihasilkan pun tergolong memuaskan. Saat volume dinaikkan pun suara tak jadi pecah atau malah terdengar menyakitkan. Sebagai pelengkap, Lplayer ini dilengkapi dengan media simpan dengan kapasitas hingga 8GB. Dengan kapasitas sebesar itu, Lplayer memang cocok jadi teman perjalanan jauh. Secara keseluruhan, baik tampilan maupun performa MP3 Player ini memang memuaskan.

Kontrol playback berada di display dengan soft key sebagai pemandu, juga terdapat pilihan theme menu, satu dengan dot matrix text dan icon kecil, dan yang satu lebih kecil, standard text dan icon yang lebih besar. Player ini dijual dengan harga sekitar Rp1.700.000.

No comments: