Saturday, September 27, 2008

Tips memaksimalkan umur baterai iPod

Baterai iPod bertipe lithium polimer yang rata-rata bisa digunakan untuk 500 kali proses pengisian. Proses pengisian di sini berarti mulai dari keadaan kosong sama sekali ketika Anda menggunakan baterai terus sampai tidak bersisa, diikuti pengisian sampai penuh. Jika Anda mengisi baterai iPod Anda setiap hari, 500 pengisian berumur sekitar 3 tahun(meski ada klaim lain yang mengatakan hanya bisa bertahan 18 bulan. Berikut ini tips untuk memaksimalkan baterai ipod Anda

Hindari kekosongan

Untuk mendapatkan umur terpanjang bagi baterai Anda, jangan biarkan biarkan itu kosong sama sekali dan jangan terus menggunakan sampai iPhone mati. Sedikit apapun Anda menggunakan iPod, isilah sampai penuh sedikitnya satu kali dalam setiap 3 minggu untuk mencegah baterainya jadi kosong. Jika Anda berlibur selama sebulan, Anda harus membawa iPod Anda dan mengisinya dalam waktu tersebut.

Gunakan file AAC

Gunakan file AAC atau MP3 dibandingkan WAV atau AIFF (file dari Mac). File WAV dan AIFF tidak terkompres, oleh karena itu ukurannya lebih besar dari file yang terkompres, yang akan menghambat iPod menggunakan cache-nya secara efisien, sehingga hard disk harus bekerja lebih berat.

Minimalkan backlight

Minimalkan penggunaan backlight atau matikan saja. Untuk mengatur backlight ini masuklah ke bagian Settings > Backlight Timer. Di sini Anda dapat mengatur besaran waktu menyalanya backlight (2, 5, 10, atau 20 detik). Mengaturnya menjadi Always On sangatlah tidak dianjurkan untuk menjaga baterai Anda. Untuk yang terbaik, matikan saja. Jangan terlalu sering melakukan isi ulang baterai. Sebaiknya, copot dulu cover atau casing tambahan iPod sebelum melakukan charging.

Buat playlist

Buatlah album atau playlist, lalu putar musiknya dari situ. Alasannya, jika Anda kerap memutar track baru yang belum tersimpan dalam cache iPod, harddisk iPod mesti berputar untuk mengakses lagu tersebut. Makin sering berputar, makin besar pula energi baterai yang terpakai.

Update software

Pastikan iPod Anda memiliki update software terbaru dari Apple. Sebaiknya, gunakan iPod secara reguler supaya elektron-elektron yang ada dalam baterai Lithium terus aktif bergerak. Ketika tidak dipakai, selalu aktifkan tombol geser iPod ke posisi Hold untuk mencegah kontrol iPod tertekan secara tidak sengaja.

Matikan fitur EQ

Menambah fitur EQ (Equalizer) ke playback akan banyak memakan daya iPod Anda. Matikan saja fitur tersebut saat tidak diperlukan. Tapi jika Anda ingin menambah EQ ke track yang ada di iTunes, pastikan Anda menyeting EQ ke opsi [Flat] untuk menonaktifkannya.

Sesuaikan suhu

Baterai iPod bekerja paling baik pada suhu kamar (sekitar 20 derajat Celcius), meskipun secara umum dapat digunakan antara suhu 0-35 derajat Celcius. Jika Anda kebetulan meninggalkannya di tempat dingin, biarkan suhunya turun dulu seukuran temperatur kamar sebelum menyalakannya.

No comments: