Saturday, September 27, 2008

Monitor Lenovo, Hemat dan ramah lingkungan

Belakangan ini isu pemanasan global kian menjadi wacana yang kerap diperbincangkan, terutama di bidang teknologi. Tidak bisa dipungkiri memang, industri teknlogi memberi sumbangsih yang cukup besar dalam masalah ini terutama dalam pemakaian bahan baku yang tidak ramah lingkungan.

Tantangan tersebut pada akhirnya dijawab oleh para produsen dengan menciptakan inovasi produk yang rama lingkungna. Lenovo misalnya, memproduksi monitor series yang bahan dasarnya ramah lingkungan.

Pabrikan PC Lenovo telah merilis sebuah series dari monitor, yang dapat membantu pengguna untuk menyimpan energi dan juga biaya. Monitor ThinkVision L1700p, L1940 Wide, L1940p Wide, L2240p Wide, L2440p Wide, dan L2440x Wide memiliki fitur teknologi ramah lingkungan yang menghemat energi dari 30 persen menjadi 60 persen, bila dibandingkan monitor Lenovo sebelumnya.

Monitor series andalan Lenovo ini diproduksi dengan sedikit merkuri, sekitar 33% sampai 50% lebih rendah dibandingkan dengan monitor standar pada umumnya. Peranti ini juga terbebas dari kandungan arsenic sehingga membuat lingkungan lebih aman baik untuk penggunaan di kantor atau ketika sudah tidak dipakai lagi.

Seri monitor ini mengonsumsi rata-rata daya minimum 16 watt dan daya maksimal 23 watt. Untuk seri L2240p dan L2240x, meskipun dirancang dengan layar berukuran lebih lebar, tetap mengusung konsumsi daya yang rendah serta miskin akan unsur merkuri.

Semua monitor anyar Lenovo ini sudah memenuhi standar EnergyStar 4.0 dan berada pada level EPEAT-Gold “Kami berkomitmen untuk menawarkan para pengguna dengan teknologi lingkungan yang bertanggung jawab”, ujar Tom Shell, VP Lenovo, seperti yang dilansir beritanet.com.

Sedangkan untuk model ThinkVision L2240p Wide, L2440p Wide, dan L2440x Wide, telah mengalami 100 persen recyclable. Sedangkan ThinkVision menawarkan rasio kontras 1000:1.5 milisecond waktu respon, dan resolusi 1.920 x 1.200 piksel.

Beberapa model monitor memiliki empat port USB berkecepatan tinggi, dan sebuah DisplayPort. Monitor ThinkVision memiliki range dari USD 240, untuk tipe ThinkVision L1700p, dan USD 750 untuk ThinkVision L2440x Wide.

Lenovo, telah bermain cukup lama di pasar PC Cina, membuat pesona secara internasional, ketika Lenovo diakuisisi oleh IBM pada bulan Mei 2005 untuk USD 1.25 miliar. Lenovo juga berencana untuk masuk ke pasar server global, baik untuk bisnis kecil atau menengah, dengan menyiapkan model ThinkServer, dengan beberapa processor Intel di dalamnya

No comments: