Saturday, September 27, 2008

Kamdig Pentax Optio E60, Praktis dan gambar tajam

Pasar kamera digital (kamdig) makin seru. Resolusi membesar, sedangkan harga menciut. Pentax misalnya, menyiapkan kamdig beresolusi 10,1 MP. Kamdig kompak buatan Pentax ini memiliki kemampuan zoom optikal sebanyak 3x dengan sudut pandang lebar (32mm - 96mm).

Fitur lainnya berupa auto picture, face recognition, anti-goyang dan green mode untuk mengeset eksposure, sensitivitas cahaya dan parameter lainnya. Untuk masuk ke fitur parameter, pengguna cukup menekan satu tombol saja.

Lensanya jelas menggunakan produk Pentax sendiri. Kerja lensa yang berkemampuan optical zoom 3 kali ini diproses oleh sensor CCD 1/2,33 inci. Sensor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi digital shake reduction yang akan membuat gambar tetap tajam meskipun tangan sempat bergoyang saat pengambilan gambar.

Optio E60 ini menyediakan media simpan bawaan dengan kapasitas 6,3MB, dan dilengkapi dengan slot memory yang mendukung format SD dan SDHC. Pentax menyediakan layar LCD seluas 2,4 inci untuk memantau objek yang akan dibidik. Sementara lampu flash diletakkan di sebelah kanan atas lensa kamera. Lampu flash ini juga sudah mampu mengantisipasi red eye.

Pentax Optio E60Kamera saku dengan dimensi 98 x 59 x 25mm dengan bobot sekitar 130gram ini juga mengusung teknologi standar kamera digital seperti face recognition, scene modes, dan PictBridge. Sayangnya tidak ada pilihan white balance yang disediakan Pentax pada kamera ini.

Anda harus menunggu sampai Oktober untuk mendapatkan kamera ini. Untuk sementara, Anda dapat melihat dulu sekilas produk ini di galeri fotonya. Harganya sekitar Rp1.200.000. Melihat kisaran harganya, Pentax Optio E60 ditujukan untuk segmen konsumen yang memiliki dana terbatas namun menginginkan kamera yang bermerk terkenal.

Kamera yang menggunakan tenaga baterai AA sebanyak dua buah ini memiliki sejumlah pilihan mode pemotretan. Fitur mode Green mode yang sudah disebut di atas tadi sangat berguna bagi pengguna pemula karena sangat mempermudah pemotretan. Fitur lain yang disertakan adalah tanggal pemotretan dan penyelamatan foto yang terhapus secara tidak sengaja.

No comments: