Monday, September 29, 2008

Tips membersihkan interior mobil

Membersihkan interior mobil terkadang dianggap sebagai hal yang sepele, selain tidak punya waktu, Anda juga merasa interior kendaraannya masih terlihat bersih. Padahal, kotoran seperti debu atau sisa tanah bekas pijakan alas kaki terkadang luput dari pandangan.

Jika dibiarkan terus menumpuk, hal itu bisa menimbulkan bau tidak sedap, bahkan menimbulkan kerusakan sehingga mengurangi nilai jual sebuah mobil. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil

Dasbor

Bagian dasbor perlu dibersihkan dengan penuh kesabaran. Karena bagian ini terlihat mudah. Namun justru karena mudah, proses pembersihan terkadang dilakukan sekenanya. Padahal, usapan lap yang cuma sekali dan dilakukan dengan cepat akan membuat kotoran-kotoran kecil luput. Karena itu, gunakan kain kecil dan lap, usap secara perlahan hingga ke sudut-sudut yang tidak terlihat, misalnya bagian sudut-sudut tachometer. Hasilnya akan lebih baik jika menggunakan pembersih khusus (spray) yang mengandung cairan jeruk nipis. Selain menyuguhkan aroma yang wangi, cairan tersebut dapat menghilangkan bau amis.

Kaca

Untuk kaca jendela, disarankan menggunakan koran bekas. Koran bekas mampu mengangkat debu dengan baik. Namun, perlu dilakukan berkali-kali agar mendapatkan hasil sempurna. Lakukan proses pembersihan setelah mencuci bagian luar mobil. Bersihkan bagian dalam dan luar kaca. Caranya, basahi koran, kemudian usap semua bagian kaca secara merata, baik bagian sisi dalam maupun sisi luar. Setelah itu, keringkan kembali dengan koran baru (jangan yang sudah digunakan). Lakukan proses itu hingga kaca benar-benar kering.

Lantai

Bersihkan bagian lantai mobil dengan sikat yang keras. Sikat tersebut berguna membersihkan kerikil, sisa-sisa pasir, ataupun bekas tanah yang mengering. Jangan gunakan air, karena akan menjadi lembab dan sulit dikeringkan. Setelah disikat, gunakan vakum untuk mengangkat debu dan kotoran yang belum bisa terangkat. Jika Anda punya banyak waktu, akan lebih baik jika kursi-kursi dilepas.

Karpet

Karpet mobil juga perlu dicuci. Prosesnya cukup mudah, tinggal sikat dengan sabun, kemudian bilas, dan keringkan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika karpet yang penuh kotoran bekas tanah dan berair diangkat, usahakan agar kotoran itu tidak menumpahi lantai.

Jok

Yang terakhir adalah merawat bagian jok kursi. Semua paham kalau kursi memiliki beragam bahan, yang salah satunya adalah kulit. Untuk membersihkan jok kulit, perlu menggunakan sabun moisturizing dan kain berbahan kaus. Langkah-langkahnya, adalah mengusap seluruh permukaan jok dengan kain basah yang sudah disabuni, setelah itu keringkan. Jangan menggosok jok dengan sikat kasar karena bisa merusak permukaan kulit kursi.

No comments: