Tuesday, September 30, 2008

Kodak EasyShare seri M893IS, Kualitas foto yang lembut

Melanjutkan jejak seri M pendahulunya, Kodak kembali merilis EasyShare seri M893IS yang kini hadir dalam resolusi 8,1 megapixel. Kode IS dibelakang serinya menunjukkan feature Image Stabilizer alias penstabil gambar yang bermanfaat membuat foto lebih tajam.

EasyShare M893IS juga memuat sistem Face Detection yang belakangan semakin marak digunakan pada berbagai kamera. Sistem ini akan mendeteksi keberadaan wajah (atau sekumpulan wajah) sehingga bisa melakukan fokus yang tajam di area tersebut.

Kodak juga mengedepankan karakter HD (High Defenition) pada kamera ini meski HD sendiri tidak memberi efek yang berarti kecuali hanya mengubah besaran rasio layar (16:9) untuk tepat dinikmati di monitor pendukung HD. Toh begitu.

Seperti juga seri M lainnya, Kodak menempatkan 18 skema foto yang membantu pemakai mendapatkan foto sesuai kondisi pencahayaannya. Bagi Anda yang perlu memotret dengan ISO tinggi disediakan dukungan ISO yang mencapai 1600.

Meski pada pemotretan yang minim cahaya seringkali hasilnya terlalu noise/kotor. Secara keseluruhan, fungsi fotografi yang tersedia jelas ditujukan bagi pemotret pemula yang tak mau repot, sayang sebagian tombol yang amat kecil mungkin menyusahkan pengguna yang berjari besar.

Seperti juga karakteristik kamera saku digital yang serba praktis, kualitas foto M893IS cenderung lembut meski sudah memakai fasilitas Face Detection atau pengaturan pencahayaan lainnya. Untuk foto di luar ruangan sudah cukup bagus asalkan dalam kondisi cerah, sedangkan untuk di dalam ruangan hasilnya kurang alami. Anda bisa mencoba pilihan skema (scene) meski kami anggap hasilnya tetap kurang optimal untuk di dalam ruangan.

Ditinjau dari kualitas foto, M893IS rasanya hampir mirip dengan generasi pendahulunya, M853. Foto seringkali tampil lebih gelap dari kondisi aslinya, karena itu penggunaan flash amat kami sarankan. Untuk memperbaiki hasilnya bisa dicoba fungsi “Perfect Touch” dari menu preview/play yang tersedia, sayangnya proses ini terbilang kurang cepat.

Beberapa skema foto memberi hasil yang bagus walau warna yang tampil masih terkesan lembut. Toh begitu, untuk penggunaan rata-rata M893IS tetap menyenangkan sebagai kamera yang praktis, ringan, mudah dipakai, dan terjangkau kantong.

No comments: