Friday, September 26, 2008

Kodak EasyShare Z1012 IS, Mampu merekam gambar HD

Pasar ultrazoom sepertinya telah menjadi sektor pertumbuhan tercepat bagi kamera digital saat ini. Kemampuan kamera untuk melakukan zoom in dan berbagai variasi yang luas menimbulkan kesan yang sesungguhnya. Faktanya untuk berbagai keperluan, tipe kamera seperti itu mampu dalam melakukan semua yang diinginkan oleh pengguna.

Nah, ciri tersebut dapat Anda temukan pada kamera Kodak EasyShare Z1012 IS. Dengan pegangan luas dan lensa yang menonjol, kamera ini terlihat seperti SLR mini. Kamera hitam dengan aksen perak ini terlihat bagus, dan bagian plastik body-nya tersusun secara teratur sama seperti beberapa kamera mahal di pasaran.

Hal utama yang dikembangkan Kodak pada kamera ini lebih terfokus pada besaran resolusi CCD mencapai 10 megapixel. Artinya Anda bisa mencetak foto sampai ukuran A3 yaitu ukuran yang mungkin tidak diperlukan sebagian besar konsumen. Selain resolusi yang bertambah besar, praktis fasilitas yang diusung kamera ini masih serupa dengan varian Z Kodak lainnya. Bahkan komposisi panel navigasinya sama persis dengan produk terdahulu.

Salah satu ciri khas seri Z baru dari Kodak adalah kemampuan merekam gambar sekelas HD (High Defenition) yang kini makin tren seiring perkembangan perangkat pemutar HD. Pilihan bidik HD ini muncul pada bidikan 2,1-7,5 megapixel dan juga rekaman video beresolusi 1280x720 pixel, lebih tinggi dari format movie DVD.

Untuk mendukung gambar HD tersebut, Kodak mengganti mic mono menjadi stereo (2 buah) agar tangkapan suara jadi makin jelas terdengar. Preview format HD ini sendiri lebih ideal ditampilkan di monitor jenis layar lebar dibandingkan pada displai LCD kamera yang berdimensi 2,5”. Displai LCD ini dapat diubah tingkat terangnya hingga 5 level.

Sebagai kamera semi manual, Z1012 melengkapi dirinya dengan fasilitas terbaru saat ini seperti penggunaan image stabilizer optis untuk membantu mereduksi efek blur yang muncul akibat guncangan tangan saat memotret. Dengan zoom optis hingga 12x (total zoom 60x dengan digital 5x), praktis kesan blur akan sering terjadi.

Komposisi pilihan PASM (Program-Aperture-Shutter-Manual) juga tersedia melalui tombol dial untuk memudahkan pengguna lebih kreatif membidik obyek. Khusus untuk meningkatkan detail disediakan pula pilihan ISO hingga 3200 yang bisa juga mencapai 6400 pada setting resolusi 3,1 megapixel kebawah dimode PASM.

No comments: