Wednesday, September 17, 2008

Nikon P5100, Performa tinggi dan profesional

Meskipun bukan dari kelas DSLR (Digital Single-Lens Reflex), namun kamera CoolPix P5100 ini tergolong kamera dengan performa tinggi. Desainnya pun sudah mendekati desain kebanyakan kamera DSLR. Dengan balutan warna hitam pekat, tampilan CoolPix P5100 ini terlihat kokoh dan profesional. Namun bukan cuma tampilannya saja yang meyakinkan, performa kamera ini juga di atas rata-rata.

Distorsi berbentuk cembung (barrel distortion), selalu ditemukan pada hasil foto kamera saku. Nikon, dengan kamera prosumer terbarunya, P5100, mampu menekan efek gangguan yang tak diinginkan tersebut secara langsung. Anda bahkan dapat melihatnya pada saat mengkomposisi foto.

Nikon memasang handgrip dan thumbgrip yang dilapisi bahan karet sehingga terasa mantap digenggam dan tak perlu lagi merasa takut kamera ini akan 'tergelincir' saat digunakan. Di bagian belakang, Nikon meletakkan tombol kendali di sebelah kanan dan sederet tombol fungsi yang diletakkan di sebelah kiri layar. Desain ini cukup menarik lantaran mengurangi resiko tombol tertekan saat membidik objek.

Dari sisi performa, kamera ini masih mengusung kecanggihan dari P5000 yang diluncurkan lebih awal. Artinya, kemampuan kamera ini cukup dapat diandalkan untuk mengabadikan momen-momen tertentu dengan mudah dan dengan kualitas hasil yang memuaskan.

Berbeda dengan kamera saku biasa, P5100 masih memiliki beragam mode pemotretan yang dapat Anda temui pada sebuah kamera DSLR. Mode P, A, S, dan M (manual) sudah tersedia pada kamera ini. Bahkan mode flash-nya pun lengkap: Auto, Auto dengan red-eye reduction, Anytime flash, Flash cancel, Slow sync, dan Rear-curtain sync. ISO kamera ini dapat dipilih hingga 3200.

Nikon menjanjikan peningkatan kinerja prosesor dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini dilakukannya dengan menggunakan engine EXPEED keluaran terbaru. Sementara itu, image sensor baru yang digunakan pada kamera ini mengakibatkan rentang zoom-nya menjadi sedikit lebih lebar dibandingkan pendahulunya

Secara keseluruhan, performa dan tampilan kamera Trusted Reviews memberi nilai 8 dari 10 untuk produk ini. Tak banyak yang dikeluhkan situs ini kecuali fitur autofocus-nya yang sedikit lambat dan kurang responsif terutama dalam kondisi cahaya redup. Produk ini dijual di pasaran dengan harga sekitarRp3.500.000

No comments: