Tuesday, September 16, 2008

Panasonic DSLR Lumix DMC-G1, Kamera terkecil untuk perempuan

Kebanyakan kamera SLR yang beredar di pasaran dunia saat ini memiliki ukuran besar dan bobot yang berat. Tentunya, di satu sisi hal itu cukup menimbulkan permasalahan bagi para pengguna yang mendambakan kepraktisan dari piranti yang mereka pakai.
Melihat kondisi tersebut, Matsushita atau yang lebih dikenal sebagai pabrikan Panasonic ingin menghadirkan terobosan baru di pasar kamera SLR. Pabrikan ini meluncurkan sebuah kamera SLR digital yang diklaim sebagai yang terkecil di dunia.
Kamera Lumix DMC-G1 diluncurkan Matsushita tersebut, memiliki ukuran 27 persen lebih kecil dari pada kamera DMC-L10 SLR besutannya sebelumnya dan memiliki bobot sekitar 385 gram. Kamera ini akan mulai menyambangi pasar dunia pada Oktober mendatang.
Jika diperhatikan, ukuran tinggi dan lebar tidak berbeda jauh tetapi untuk ukuran kedalaman (depth), Lumix G1 lebih kecil 30% dibandingkan dengan Nikon D40x. Hal inilah kenapa Lumix G1 menggunakan teknologi Micro Four Thirds ini.
Produk baru itu menargetkan pengguna perempuan yang menginginkan mesin berperforma maksimal dan tidak berbobot berat. Kamera SLR, terutama dengan model lensa yang dapat diganti-ganti, merupakan pasar kamera digital yang paling tumbuh pesat. Bila Anda mempunyai lensa DLSR merek Olympus, Leica dan Panasonic maka adengan menggunakan "extension" sehingga lensa diatas dapat digunakan.
Tentu, jangan pernah berharap bahwa Lumix G1 dapat sekecil dengan kamera Point and Shoot yang Anda miliki. Namun dipastikan dengan membawa Lumix G1, akan memberikan kepuasan tersendiri agi Anda. Lumix G1 juga dapat menggunakan fungsi Live Preview dimana anda bisa melihat gambar sebelum foto diambil seperti yang ada di Point and Shoot kamera.
Spesifikasi umum yang ada di Lumix G1 adalah kapasitas 12,1 megapixels, ukuran layar 3 inchi, aspek rasio 4:3, 3:2 dan 16:9, format file RAW dan JPEG, Iso 100-3200, Shutter Speed 60-1/4000 detik, Koneksi USB-Video Out dan HDMI. Bandrol harga yang ditetapkan untuk kamera ini adalah sekitar Rp7.600.000.
Matsushita merupakan produsen kamera digital nomor tujuh terbesar di dunia. Perusahaan yang akan berganti nama menjadi Panasonic pada 1 Oktober mendatang ini menguasai 7,1 persen pasar kamera digital global. Menurut laporan perusahaan riset IDC, pasar kamera SLR didominasi oleh Canon dan Nikon.

No comments: