Saturday, September 20, 2008

Sony DSC-T77, Tipis dengan jepretan optimal

Barang elektronik belakangan ini kian bekembang ke arah konsep slim dan ringan. Hal yang sama juga berlaku untuk kamera digital produk Sony ini. Dengan tebal hanya 15mm dan bobot sekitar 151 gram, bisa jadi kamera ini adalah kamera saku paling ringan dan tipis yang ada saat ini. Tapi saat melihat data spesifikasi yang dilepas Sony, ternyata ukuran yang ramping ini tak mengorbankan performa sedikit pun.

Kemampuan digital camera dengan sensor 12Mpix yang menghasilkan resolusi 4000x3000 dengan 4MB file. Sony cyber shot DSC-W200 di disain untuk ukuran kompak dan praktis, fitur lain dengan HD smart zoom untuk pengambilan gambar zoom 6.2X dan kemampun zoom tertinggi mencapai 18X

Sony Cyber-shot DSC-T77 ini menggunakan sensor sebesar 10,1 megapixel dengan lensa Carl Zeiss Vario-Tessar dengan kemampuan 4 kali optical zoom. Lensa mumpuni ini masih dilengkapi lagi dengan fitur optical image stabilisation yang akan membuat hasil gambar terhindar dari efek blur akibat kamera bergerak saat membidik objek. Dari beberapa kelebihan di atas saja sudah dapat dipastikan bahwa hasil bidikan kamera ini bakal memuaskan.

Dari sisi desain, kamera ini memang menarik. Desainnya yang sederhana dan dinamis membawa kesan modern yang sangat kuat. Namun yang paling menarik mungkin adalah tampilan bagian belakang dari kamera ini. Hampir seluruh permukaan dipenuhi oleh layar sentuh seluas 3 inci yang sekaligus berfungsi menggantikan hampir seluruh tombol kendali kamera ini. Yang tersisa hanya satu tombol power yang ada di bagian kanan atas layar sentuh ini.

Sebagai kamera saku, Sony Cyber-shot DSC-T77 ini masih tetap mengusung filosofi 'memudahkan pengguna'. Meskipun menyediakan pilihan di mana pengguna dapat mengatur sendiri focus, ISO dan EV compensation, kamera saku ini juga menyediakan mode auto di mana kamera ini secara otomatis menyesuaikan sendiri setting untuk mencapai hasil jepretan yang optimal.

Kualitas hasil bidikan dengan mode auto ini juga tergolong bagus. Bahkan bisa dibilang tak ada yang mengecewakan dari performa kamera ini. Secara keseluruhan, performa dari Sony Cyber-shot DSC-T77 ini sudah berada di atas rata-rata performa kamera 10 megapixel. Namun lantaran menggunakan level kompresi yang terlalu tinggi, ada sedikit noise pada hasil bidikan kamera ini.

Fitur lain yang terdapat di Sony DSC-T77 di antaranya teknologi Smile Shutter, memori internal 15 MB dan HD AV output.Sony memasarkan DSC-T77 dalam lima pilihan warna yakni hitam, perak, hijau, pink, dan coklat Kamera ini dijual dengan harga sekitar Rp4.200.000.

No comments: