Wednesday, October 01, 2008

SSD Intel, Lebih cepat 9 kali

Intel mengumumkan bahwa perusahaan tersebut mulai memproduksi Solid State Drive (SSD) yang dapat digunakan pada notebook ataupun PC. SSD ini pertama kali diperkenalkan beberapa tahun lalu, dan dipasang ke dalam notebook yang berkelas dengan berat yang lebih rendah, konsumsi power yang rendah dan tidak ada bagian yang berpindah. Kekurangannya hanyalah pada soal harga yang lebih tinggi.

Seperti sebagian besar memori komputer lainnya, harganya cenderung jatuh, namun banyak yang mempertanyakan soal manfaat nyata dari alat tersebut, karena pada peranti tertentu yang berbasis disc, teknologi hard drive-nya menawarkan kapasitas yang meningkat, meningkatkan kecepatan, dan konsumsi daya yang rendah.

SSD seperti itu tentunya tersedia dengan harga yang sangat mahal, sekitar 5 kali harga rata-rata untuk kapasitas yang sama, atau normal drive, manfaatnya tidak terlalu nyata dan dapat dipertanggungjawabkan. Intel mencoba untuk mengubah semuanya dengan tawaran baru mereka tersebut.

Isu utama SSD saat ini adalah soal kecepatan membaca dan menyimpan. Meskipun faktanya alat tersebut termasuk bukan bagian yang berpindah, namun sifat dasar teknologi dan pengontrol yang digunakan biasa untuk membaca dan menyimpan ke chips memori secara lamban. Alasan untuk ini adalah sebuah fenomena yang dikenal sebagai kecepatan rekam.

Hal itu menjadi jargon teknologi yang agak bombastis, tapi mudah untuk dipahami bahwa SSD saat ini memiliki penguatan tulisan sekitar 32 kali. Artinya untuk menyimpan data file 1Gb ke dalam drive, Anda sebenarnya membutuhkan pemindahan sekitar 32 Gb. Nah, Drive baru dari Intel ini mempunyai kecepatan merekam (write amplification) sekitar 1,1 kali di atasnya.

Intel akan menawarkan X18-M 1.8” untuk ultra compact laptop dan X25-M Mainstream untuk normal laptop and desktop, SATA Solid-State Drives yang keduanya berbasis multi-level cell (MLC) NAND flash technology, yang sama dengan USB flash drives kebanyakan. Tanpa bagian yang bergerak, drive ini akan bekerja secara dingin dan tidak berisik, dan seharusnya menjadi opsi yang bisa diandalkan dibanding hard drive standar.

Sebagai tambahan, SSD ini bisa memindahkan kemacetan penampilan input/output yang digabungkan dengan hard disk. Contohnya untuk lab test yang menggunakan intel, menunjukkan bahwa SSD ini mampu meningkatkan sistem penyimpanan sembilan kali lebih baik dibandingkan dengan hard disk biasa. Dengan menggunakan komputer intalasi SSD, seharusnya proses yang lebih cepat, baterai yang lebih tahan lama, jauh lebih rata dan dapat diandalkan.

Randy Wilhelm, vice president and general manager Intel mengatakan dengan mengkombinasikan pengalaman dalam desain memori flash dengan prosessor dan keahlian komputasi, Intel telah menambahkan kesempurnaan seperti 10-channel architecture, pengontrol, memori manajemen alogaritma, yang menunjukkan kecepatan rekam dan menggunakan level isu untuk memperbaiki penampilan SSD.

Intel X18-M and X25-M Mainstream SATA SSD tersedia dalam kapasitas 80 Gb, lebih dari cukup untuk sebagain besar laptop, dengan versi 160Gb yang akan datang pada akhir tahun mendatang. Drive dengan kapasitas 80Gb ini mempunyai kecepatan rekam 250Mb perdetik, lebih dari 70Mb per detik untuk menyimpan, dan 85 microsecond membaca latensi untuk penampilan yang cepat.

No comments: