Wednesday, September 15, 2010

SMS spam bikin jengkel

Belakangan ini banyak pelanggan telekomunikasi mengeluhkan kotak pesan masuk (inbox) di ponselnya kerap dipenuhi oleh SMS spam berbau promosi. Menurut pengakuan sejumlah pengguna, ternyata tak hanya satu atau dua SMS per hari yang diterima, kadang bisa lebih dari itu.

Pesan yang masuk mulai dari SMS yang berkode pendek, umum, hingga SMS yang tidak penting alias pesan sampah atau spam. Sementara konsumen tidak bisa menolaknya. SMS yang sangat mengganggu ini muncul hampir di semua vendor.

"Setiap hari bisa dapat rata-rata 5-10 SMS informasi dan promo dari operator, dan bisa dipastikan sebagian besar isi informasi tersebut sama setiap harinya," keluh Aria Wijaya yang ditulis di ariawijaya.com

Sebagai konsumen Aria mengaku tidak mempersalahkan operator yang ingin menyampaikan informasi kepada para pelanggannya dengan catatatan pesan tersebut disampaikan secara wajar. Kalau memang informasi yang diberikan sama, cukup dikirimkan sekali saja, atau memang ingin mengingatkan, cukup sebulan sekali.

Pelanggan jasa komunikasi seluler memang ingin memanfaatkan jasa komunikasi yang disediakan, baik itu, voice, teks, ataupun data, bukan untuk dijejali informasi atau promosi dalam bentuk apapun dari operator. Belum tentu informasi dan promosi tersebut pas dan sesuai dengan keinginan pelanggan yang memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Peredaran SMS spam seperti penyebaran promo sms kredit tanpa agunan (KTA) belakangan ini memang kian marak. Ditengarai, menjamurnya SMS spam ini disebabkan oleh promosi SMS gratis yang digelontorkan nyaris oleh semua vendor penyedia layanan. Namun tudingan tersebut langsung dibantah oleh penyedia layanan telekomunikasi.

"Spam ada sebelum promo sms Axis ada. Berarti promo sms gratis nggak ada pun, spam tetap ada," kata Syakieb A Sungkar, VP Sales & Distribution Axis yang dirilis okezone.com.

Dikatakan Syakieb, Axis saat ini berupaya mencegah penggunaan promo sms gratis untuk kepentingan yang tidak benar. Dikatakan Syakieb, Axis melakukan pemblokiran berdasarkan laporan masyarakat. "Misalnya, ada laporan tentang sms KTA maka kita langsung blokir. Pokoknya kita akan memblokir dan mengurangi, meminimalkan penawaran-penawaran lewat sms spam," tegas Syakieb.

Axis memiliki program 10.000 SMS gratis lintas operator (off-net). Nah, program jenis inilah yang sebelumnya dituding bisa menjadi sarana bagi pengiklan menjejali inbox pengguna ponsel dengan iklan-iklan yang tak diinginkan.

Syakieb mengaku, pihaknya memiliki prosedur yang cukup tegas guna menangkal pengguna yang nakal ini. Ada enam parameter pembuktian yang dilakukan Axis sebelum memblokir nomor pelanggan yang dicurigai menyebarkan SMS spam.

"Ini sudah kami lakukan, jadi bisa terdeteksi jika ada nomor yang dimanfaatkan untuk mengirim spam. Tapi yang pasti, SMS spam bukan karena SMS gratisan," pungkasnya.

Tak hanya Axis, operator lain pun memiliki program promosi SMS gratis sejenis. Hanya model marketingnya saja yang berbeda. Bahkan operator 3 berani menawarkan hingga 100 ribu SMS per hari.

"Ini seperti yang sudah diprediksi sejak awal. SMS gratis lintas operator digunakan untuk telemarketing spam," keluh anggota komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, pihaknya membuat produk yang diperkirakan digandrungi masyarakat dengan mempelajari kebiasan masyarakat di suatu tempat. Karena itu pihaknya menawakan berbagai produk via sms.

"Memang kadang-kandang tidak tepat ‘beberapa’ orang merasa terganggu. Tidak banyak sesungguhnya, dari 10 juta pelanggan XL hanya beberapa yang komplain, justru sebagian besar senang layanan XL semisal program Hargaku,” ungkap Hasnul.

Kebanyakan SMS spam ini biasanya dikirim melalui internet ke nomor ponsel secara virtual melalui SMS gateway. Namun, ada Juga SMS spam berasal dari virus di ponsel. Untuk itu perlu lnstal aplikasi antivirus di ponsel Anda sebelum menambahkan aplikasi antispam.

Ada beberapa aplikasi yang dapat memblokir SMS spam yang dikutip dari bataviase.co.id, seperti berikut ini:

1.Blackballer Aplikasi ini compatible untuk perangkat ponsel merek Benq. LG. Motorola. Nokia. Samsung. Sony Ericsson. Siemens, dan Sendo. Fungsi aplikasi ini untuk memfilter panggilan. SMS/MMS dengan adanya fitur smart reject sensor.

Aplikasi ini Juga bisa menjawab melalui SMS sceara otomatis atas panggilan atau SMS yang masuk. Unduh aplikasi ini di ponsel dengan alamat www.rn.getjar.com. Aplikasi ini bisa juga dijalankan melalui komputer.

2.SMS Spam Manager Aplikasi garapan ini menawarkan metode blocking via nomor telepon dan teks. Bahkan. Anda akan mendapat empat pilihan pengaturan untuk menyaring SMS masuk, yakni Accept All (menerima semua SMS yang masuk), Block All (memblokir semua SMS yang masuk). Accept Phonebook Only (hanya menerima kiriman SMS dari daftar phonebook) dan Block Form Black Ust Rule (memblokir SMS berdasarkan nomor yang telah dipilih).

Aplikasi Ini sifatnya shareware, sehingga kita diharuskan memiliki registration key untuk mendapatkannya secara Juli.Pilihan lain, kita bisa menggunakan versi demo untuk memblokir 20 SMS masuk. Kita Juga bisa mengaturnya kapan saja. Mempertahankan di Block SMS Log1 ataupun membebaskannya agar tampil di inbox.Kita Juga bisa memantau Jumlah SMS yang ditolak atau diterima. Untuk mendapatkannya, bisa masuk ke alamat berikut http//www.webgate.bg.

3.SMS Junkie SMS Ini menawarkan metode yang lebih ampuh untuk membentengi ponsel dari SMS yang tak diinginkan. Caranya dengan menggunakan keywordatau kata kunci tertentu, selain lewat metode konvensional dengan mengisikan nomor telepon sl pengirim SMS sampah. Jadi, ketika ada SMS yang berisi keyword yang didaftarkan, secara otomatis akan ditandai sebagai Spam dan akan dimasukan ke folder khusus yang tak akan terlihat di inbox pesan.

Download aplikasi SMS Junkie dari www. moJvsL.com, atau bisa Juga dari http//www.getjar. com/. Jalankan aplikasi Ini dan lakukan pengaturan dengan memilih menu "Filter Settings". Ada dua pilihan metode blocking Keyword dan Number. Pilih "Keyword", untuk menambahkan kata khusus. Jika Anda tahu nomor sl pengirim, bisa memilih "Number".Supaya mudah untuk mengorganlslr. Uap nomor atau keyword bisa ditandai dengan nama khusus, sewaktu-waktu. Anda bisa mengedit atau mcngutak-atiknya kembali.

No comments: