Sunday, October 17, 2010

Batman: the brave and the bold, Game bergrafis 2D belum mati


Meski kini eranya game bergrafis 3D yang memukau dan terasa nyata, namun tren game bergrafis 2D masih belum mati. Salah satunya, game Batman: The Brave and the Bold, game yang diadaptasi dari film animasi dengan judul yang sama.

Dalam game ini, gamers bermain tanpa ngotot. Pemain hanya fokus melompat, menghajar musuh dan berlari saja. Game Batman terbaru ini sedikitnya memiliki empat episode. Meski menggunakan grafis 2D, tingkat keragaman yang sematkan di dalamnya sangat baik.

Hanya saja, gamers mungkin merasa bermain seperti game zaman dulu dengan model side-scrolling. Pemain akan menemukan berbagai deretan karakter-karakter dari DC Universe yang tak asing lagi, seperti Batman, Robin, Catwoman dan 60 karakter lainnya. Semua karakter bisa dikendalikan menggunakan Wiimote.

Yang menarik, saat gamers mengumpulkan koin yang bertebaran di seluruh level. Koin tersebut penting. Sebab, setiap kali games mati diterjang musuh, maka koin-koin yang berhasil dikumpulkan akan menjadi korban. Padahal, koin-koin yang dikumpulkan dibutuhkan untuk membeli berbagai perlengkapan untuk memperkuat sang karakter. Begitu juga soal nyawa sang karakter, perlu diperhatikan kembali.


Batman based

Batcave adalah markas Batman. Di sini, gamers dapat melakukan semua pekerjaan untuk memperkuat karakter yang dipilih. Misalnya, memperkuat karakter, membuka upgrade terbaru, menggunakan pedang laser, membuat karakter lebih kuat. Semuanya itu bisa gamers dapatkan di Batcave. Yang wajib diketahui, setiap karakter dalam game ini menyimpan ragam benda spesial yang bisa digunakan saat bertarung. Bahkan beberapa di antaranya memiliki kegunaan alternatif.

Semua level pada game ini, disajikan dengan grafis 2D. Meski begitu, gambarnya enak dipandang. Animasinya bagus dan serangan yang dilancarkan oleh karakter terpilih terlihat halus. Hanya saja, bagi yang sudah terbiasa dengan game stategi dan ketangkasan pada level tinggi, Batman: the brave and the bold mungkin mengecewakan.

Sebab, tantangan yang diberikan tidak terlalu berat, pertarungan melawan si bos berlangsung singkat dan tidak terlalu sulit melewatinya. Dan memang, Batman: the brave and the bold lebih ditujukan bagi pasar game anak-anak. Tapi, bukan berarti orang dewasa tidak boleh memainkannya. Terlepas itu, animasi Batman: the brave and the bold tidak kalah bersaing dengan grafis 3D. Terlebih, game ini bisa dimainkan siapa saja.

No comments: