Sunday, October 17, 2010

Percantik interior dengan lampu led

Mobil bagi sebagian orang tak ubahnya seperti rumah kedua. Karena itu, banyak yang mendesain kabin (interior) mengikuti tren tertentu sehingga ruangan kabin terlihat lebih nyaman dan indah dipandang mata.

Salah satu tren interior yang kini digandrungi oleh otomania adalah pemasangan lampu led di titik tertentu misalnya saja pada dashboard, grill, pintu, hingga di kolong jok. Keberadaan lampu led tersebut membuat interior mobil terlihat lebih elegan.

LED (light emitting diode) makin banyak dipakai di mobil karena komponen optikal ini meningkatkan keamanan dan menarik secara disain. Penetrasi pasar LED standar untuk aplikasi di interior mobil sudah signifikan, dan kini peluang yang lebih besar, lebih bersinar telah menunggu, lampu belakang (rear combination lamp) dan lampu depan (headlamp termasuk didalamnya headlight, low beams, turning lights,sidelights dan daytime light).

Keuntungan dari penggunaan lampu LED pada mobil diantaranya Lampu LED tidak mengandung Mercury sehingga tidak menghasilkan radiasi yang berbahaya. Dengan penggunaan lampu LED, jauh lebih hemat dalam hal pemakain listrik. Daya tahan dari lampu LED ini lebih lama, yaitu 60x lebih lama dibanding dengan tipe lampu Incandescent dan 10x lebih lama dibanding tipe Fluorescent.


Dari tahun ke tahun, teknologi lampu depan mobil terus dikembangkan oleh pabrikan. Lampu depan LED merupakan inovasi terbaru yang memiliki beberapa kelebihan, seperti konsumsi energi rendah, dan tidak perlu ditempatkan sebagai sebuah lampu besar tunggal.

Setiap unit lampu LED dapat ditempatkan dibagian mobil mana saja sesuai dengan keinginan pemiliknya. Inovasi lainnya adalah lampu mobil tipe halogen dan xenon. Meski membeli mobil tahun tua, tidak ada salahnya jika kita menikmati perkembangan teknologi dengan menambahkan suatu produk pada mobil.
Lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga dapat menghemat pemakaian AC (air conditioning), sehingga kita juga bisa menghemat dalam hal konsumsi bahan bakar.

Terdapat beraneka warna lampu LED untuk lampu mobil, khususnya bagian depan mobil. kita bisa menemukan lampu berwarna biru, putih, kuning, dan lain – lain. Sedang lampu mobil dengan desain modern, biasanya memiliki lebih dari satu lampu.

Sorot cahayanya dihasilkan dari profil reflektor yang didesain secara komputerisasi sehingga akan lebih mengena kesasaran pantulan cahayanya. Bahkan, otomania dapat melihat bagaimana lampu depan memiliki fungsi estetik pada sebuah mobil hanya karena rancangan dan fungsinya tersebut.

Owner bengkel Kosmic Variasi dan AC mobil Jl Magelang, Upik, mengatakan pemasangan lampu led di bagian-bagian kabin sebenarnya sangat simpel. Untuk lampu led yang telah disetting jadi oleh pabrikan, biasanya telah dilengkapi dengan double tip sehingga bisa langsung ditempelkan.

Umumnya, lampu led yang dipilih kebanyakan berwarna biru atau putih. Namun tak jarang pula ada otomania yang sengaja membenamkan warna-warna ekstrim di dalam interior mobil mereka seperti merah dan hijau.
"Kalau untuk warna tergantung selera, tapi kebanyakan konsumen memilih warna biru muda," ujar dia saat ditemui Onestop-tech, di bengkelnya di Jalan Magelang, Jogja, Kamis (7/10).

Keindahan mobil yang menggunakan asesoris lampu led di dalam kabin terutama akan terlihat pada malam hari. Variasi-variasi ekstrim tersebut terutama diminati oleh kalangan anak muda yang gemar hang out.
Kebanyakan otomania memang memasang lampu led dalam kondisi normal. Namun tak sedikit pula yang sengaja membuatnya tampak lebih variatif yakni kelap-kelip. Untuk tipe yang seperti itu, biasanya merupakan hasil integrasi dengan perangkat audio.

Led yang terintegrasi dengan perangkat audio bisa menimbulkan efek warna bermacam-macam. Saat musik dimainkan, gerakan lampu led akan terlihat sinkron dengan lagu atau musik. Belakangan ini Upik mengaku keawalahan dalam melayani permintaan konsumen, terutama pada saat lebaran lalu. Bahkan, kadang dia juga kehabisan stok karena tingginya permintaan dari konsumen.

Harga lampu led cenderung bervariasi yakni antara Rp90.000 hingga Rp125.000. Perbedaan harga tersebut sangat dipengaruhi oleh panjang rangakian led. Rangkaian standarnya biasanya berkisar antara 30 cm sampai 60 cm.

"Kalau rangkaian yang diinginkan cukup panjang, biasanya diakali dengan memasang gabungan beberapa led," ungkap Upik yang mengaku telah menjalankan bisnis variasi mobil sejak 2007 silam tersebut.

2 comments:

Kang Musa said...

alhamdulillah,
bisa berkunjung untuk kesekian kalinya ke blog ini.
posting kali ini bagus sekali, banyak ilmu yang bisa saya ambil.
semoga begitu pula yang bisa Anda dapatkan di blog saya.
terima kasih sebelumnya.
salam hangat
kangmusa
http://www.kangmusa.com

One Stop-Tech said...

terima kasih kang telah sudi berkunjung ke blog yang seadanya ini. izinkan saya untuk tukeran link dengan blog anda. nuwun