Wednesday, October 01, 2008

Toyota iQ, Imut dan nyaman

Sejak versi konsepnya muncul tahun 2007 di pameran mobil Frankfurt, Toyota iQ terus mengusik rasa ingin tahu orang. Tapi Toyota iQ bukan Smart ForTwo versi empat kursi.

Para insinyur Toyota menciptakan terobosan yang bersifat teknis. Yang pertama mereka lakukan adalah menciptakan differential berukuran kecil untuk mobil berpenggerak roda depan ini. Differential baru ini membuat interior iQ lebih panjang 4 inch dibandingkan Yaris. Lalu ditambah penyetelan sudut suspensi belakang yang radikal.

Terobosan lainnya adalah tangki bahan bakar berbentuk pipih yang dipasang di kursi belakang, dashboard asimetris , dan kursi-kursinya lebih tipis. Bahkan ukuran AC 20% lebih kecil. Meski berukuran mikro, iQ menyimpan sembilan airbags termasuk airbag untuk lutut pengemudi.

Juga airbag yang tertanam di kursi, di bawah paha penumpang untuk mencegah penumpang melorot dari seatbelt pada benturan frontal dan tirai airbag untuk penumpang belakang. Meskipun ukurannya kecil, Edmuns memperkirakan iQ bisa mendapat bintang lima pada uji tabrak EuroNCAP (European New Car Assessment Program).

Toyota iQ hadir dengan pilihan mesin 1.0 liter tiga silinder segaris dengan transmisi 5MT atau diesel 1.4 liter 4 silinder turbo dengan 6MT. Pertengahan 2009, disusul varian ketiga 1.3 liter 4 silinder dengan VVT-i yang dipasangkan dengan transmisi 6MT atau CVT. Sedangkan di Jepang akan mendapat varian 1.0 liter 3 silinder yang dipasangkan dengan CVT. Akselerasinya sesuai dengan ukuran mesinnya, lebih dari 14 detik untuk mencapai 100 km/jam.

Dimensi mikro Toyota iQ tidak berarti kabin sempit. Versi pra-produksi yang di uji coba diakui terasa lapang, bahkan untuk ukuran orang Kaukasian. Jarak antara mata melintasi bagian atas dashboard hingga ke kaca depan yang relatif panjang, memperkuat kesan lega. Kualitas interior dan material yang dipakai sangat baik, terutama center console.

Kursi-kursinya sangat nyaman dengan pembungkus kain atau dikombinasikan dengan kulit. Karena dashboard asimetris, kursi penumpang depan bisa digeser lebih maju. Jadi penumpanga belakang tetap mendapat kursi yang lapangan. Tentu saja ruang dibelakang pengemudi lebih sempit dan biasa yang dipakai untuk anak kecil atau barang belanjaan.

SSD Intel, Lebih cepat 9 kali

Intel mengumumkan bahwa perusahaan tersebut mulai memproduksi Solid State Drive (SSD) yang dapat digunakan pada notebook ataupun PC. SSD ini pertama kali diperkenalkan beberapa tahun lalu, dan dipasang ke dalam notebook yang berkelas dengan berat yang lebih rendah, konsumsi power yang rendah dan tidak ada bagian yang berpindah. Kekurangannya hanyalah pada soal harga yang lebih tinggi.

Seperti sebagian besar memori komputer lainnya, harganya cenderung jatuh, namun banyak yang mempertanyakan soal manfaat nyata dari alat tersebut, karena pada peranti tertentu yang berbasis disc, teknologi hard drive-nya menawarkan kapasitas yang meningkat, meningkatkan kecepatan, dan konsumsi daya yang rendah.

SSD seperti itu tentunya tersedia dengan harga yang sangat mahal, sekitar 5 kali harga rata-rata untuk kapasitas yang sama, atau normal drive, manfaatnya tidak terlalu nyata dan dapat dipertanggungjawabkan. Intel mencoba untuk mengubah semuanya dengan tawaran baru mereka tersebut.

Isu utama SSD saat ini adalah soal kecepatan membaca dan menyimpan. Meskipun faktanya alat tersebut termasuk bukan bagian yang berpindah, namun sifat dasar teknologi dan pengontrol yang digunakan biasa untuk membaca dan menyimpan ke chips memori secara lamban. Alasan untuk ini adalah sebuah fenomena yang dikenal sebagai kecepatan rekam.

Hal itu menjadi jargon teknologi yang agak bombastis, tapi mudah untuk dipahami bahwa SSD saat ini memiliki penguatan tulisan sekitar 32 kali. Artinya untuk menyimpan data file 1Gb ke dalam drive, Anda sebenarnya membutuhkan pemindahan sekitar 32 Gb. Nah, Drive baru dari Intel ini mempunyai kecepatan merekam (write amplification) sekitar 1,1 kali di atasnya.

Intel akan menawarkan X18-M 1.8” untuk ultra compact laptop dan X25-M Mainstream untuk normal laptop and desktop, SATA Solid-State Drives yang keduanya berbasis multi-level cell (MLC) NAND flash technology, yang sama dengan USB flash drives kebanyakan. Tanpa bagian yang bergerak, drive ini akan bekerja secara dingin dan tidak berisik, dan seharusnya menjadi opsi yang bisa diandalkan dibanding hard drive standar.

Sebagai tambahan, SSD ini bisa memindahkan kemacetan penampilan input/output yang digabungkan dengan hard disk. Contohnya untuk lab test yang menggunakan intel, menunjukkan bahwa SSD ini mampu meningkatkan sistem penyimpanan sembilan kali lebih baik dibandingkan dengan hard disk biasa. Dengan menggunakan komputer intalasi SSD, seharusnya proses yang lebih cepat, baterai yang lebih tahan lama, jauh lebih rata dan dapat diandalkan.

Randy Wilhelm, vice president and general manager Intel mengatakan dengan mengkombinasikan pengalaman dalam desain memori flash dengan prosessor dan keahlian komputasi, Intel telah menambahkan kesempurnaan seperti 10-channel architecture, pengontrol, memori manajemen alogaritma, yang menunjukkan kecepatan rekam dan menggunakan level isu untuk memperbaiki penampilan SSD.

Intel X18-M and X25-M Mainstream SATA SSD tersedia dalam kapasitas 80 Gb, lebih dari cukup untuk sebagain besar laptop, dengan versi 160Gb yang akan datang pada akhir tahun mendatang. Drive dengan kapasitas 80Gb ini mempunyai kecepatan rekam 250Mb perdetik, lebih dari 70Mb per detik untuk menyimpan, dan 85 microsecond membaca latensi untuk penampilan yang cepat.

Tips merawat aki

Usia aki rata-rata 2 – 3 tahun. Untuk mencapai usia tersebut maka aki (terutama jenis konvensional) harus mendapat perhatian rutin. Fungsinya adalah untuk menghidupkan mesin dan mengaktifkan kerja sistem pengapian, membuat peran aki tak bisa disepelekan, bahkan masuk ke dalam kategori sangat penting. Di dalam aki, terdapat bahan beracun yang mengandung timbal dan asam sulfur, sehingga penanganannya pun tak bisa sembarangan.Berikut ini tips merawat aki

Periksa elektrolit

Permukaan elektrolit aki harus dipertahankan antara batas atas dan batas bawah. Untuk itu harus diperiksa minimal setiap minggu.

Tambahkan air aki

Tambahkan air aki (distilled water) sampai batas atas, bila permukaan elektrolit aki berada di batas bawah. Pengisian yang melewati batas atas (berlebihan), elektrolitnya bisa meluap dan merusakkan kendaraan, bahkan dikhawatirkan menimbulkan kebakaran.

Periksa sambungan

Periksalah sambungan terminal aki. Kondisi kendor dan karat mengakibatkan penyetruman tidak sempurna, hingga mampu menimbulkan ledakan aki atau kebakaran bagian sambungan. Jika kendor cukup dikencangkan saja, bila berkarat gosoklah terminal dengan sikat kawat atau amplas halus, lalu oleskan gemuk .

Klem yang kuat

Pastikan aki diklem dengan kuat atau posisinya tidak berubah bila mobil berjalan. Aki yang sering berguncang umurnya menjadi pendek dan dapat merontokkan sel-sel pelatnya lebih cepat.

Gunakan kain basah

Pastikan aki tidak berubah bentuk, retak serta tidak bocor. Ganti segera bila mengalami kebocoran. Bersihkan aki dengan kain basah. Penggunaan kain kering dapat menimbulkan elektrostatis yang memungkinkan terjadi ledakan.

Waspadai hubungan singkat

Waspadai hubungan singkat bila hendak memasang atau melepas aki. Bila hendak memasang aki baru, pasang terminal positif dulu. Jika akan melepas aki, cabut terminal negatif kali pertama. Hal ini untuk menghindari hubungan singkat karena bodi mobil terpasang ground negatif.